Berita Terbaru :

ORIENTASI PERADILAN DAN PERBANKAN FAKULTAS SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM

Kamis, 26 Juli 2012 - 09:56:56 WIB
Diposting oleh : Publikasi dan Kerjasama
Kategori: Mahasiswa - Dibaca: 1449 kali

Kurang lebih 60 mahasiswa fakultas syari’ah dan ekonomi Islam IAIN SMH Banten mengikuti orientasi peradilan dan perbankkan yang dilaksanakan panitia praktikum profesi fakultas syari’ah dan ekonomi Islam IAIN Banten.
Orientasi dibagi dalam dua hari, hari pertama (rabu, 04/07) orientasi Peradilan diperuntukan mahasiswa jurusan ASY, jinayah shiyasah dan muamalat dalam orientasi ini menghadirkan narasumber Mufti Rahman dari Lembaga Bantuan Hukum, Kepala Pengadilan negeri, dan kepala Pengadilan Agama. Hari kedua orientasi perbankan (kamis, 05/07) dengan narasumber Endang Setiabudi dari Bank Indonesia cabang Serang, dan pembicara dari Bank Jabar Syari’ah Cilegon.
Pembekalan bagi mahasiswa yang akan terjun ke lapangan sesuai dengan studinya masing-masing merupakan program tahunan yang diikuti mahasiswa semester enam. Setelah mengikuti Materi yang disampaikan narasumber sedianya mahasiswa akan didistribusikan ke beberapa institusi, mahasiswa jurusan asy jinayah shiyasah dan muamalat akan disebar ke LBH, sedangkan mahasiswa jurusan ekonomi islam akan ditempatkan di beberapa Bank Syari’ah. Seteklah mereka belajar dari lapangan akan mensimulasikannya di kampus pada awal oktober nanti . “kalau di bangku kuliah mereka hanya mendapatkan teori-teorinya saja, tapi kita akan memberikan prakteknya sepertia apa, karenanya mereka melihat secara langsung di pengadilan agama sperti apa, begitupun di pengadilan negeri. Karena setelah selesai di pengadilan mereka diber kesempatan untuk bersimulasi di ruangan siding langsung, mereka akan didampingi pamong yang berasal dari instansi tersebut demikian papar Ketua Panitia orieantasi peradilan dan Perbankan iin Ratna Sumirat saat ditemui Wartawan BK.
Menurut Iin, Keberadaan mahasiswa lulusan FSEI setidaknya sudah mencapai lima puluhan yang berkiprah di dunia perbankan, sekitar tujuhpuluhan yang aktif di LBH, berkaca pada praktik lapangan sebelumnya, biasanya ada satu atau dua orang yang di rekrut baik oleh pihak LBH maupun perbankan. “Mereka minta kepada fakultas beberapa mahasiswa karena mungkin melihat mereka (praktikan-red) bagus mampu mereka bagus untuk menindaklanjuti kegiatan dari hasil praktik lapangan .
Dekan FSEI Prof. DR H Utang Ranuwijaya, MA tetap berpesan kepada praktikan agar tetap menjaga nama baik almamater, dan tetap menjaga kondusifitas sehingga mampu menempatkan diri, dan dapat menyimak langsung dari praktisi-praktisi di lapangan sehingga dapat menyerap ilmu semaksimal mungkin apalagi sebagian praktisi merupakan tenaga pengajar mereka .
Praktikum profesi merupakan salahsatu implementasi program kerjasama antara IAIN SMH Banten dengan Perbankan Syari’ah. “Kesepakatan yang telah digagas ini akan diperbaharui setiap lima tahun sekali, terutama bilamana terdapat pergantian pimpinan fakultas” (Dekan-red) demikian pungkas Iin dalam wawancaranya bersama wartawan BK.